pemasangan kawat loket

Pemasangan Kawat Loket untuk Kebutuhan Anda di Outdoor

4 TIPS PEMASANGAN KAWAT LOKET

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan 4 tips pemasangan kawat loket murah untuk memenuhi kebutuhan outdoor. sebelum lebih jauh, baiknya kita mengenal sedikit tentang kawat loket tersebut.

 

Kawat loket merupakan salah satu jenis kawat logam (wiremesh) yang penggunaannya sangat bervariasi. Meski begitu, penggunaan kawat loket yang paling umum ditemukan adalah untuk kebutuhan outdoor. Contohnya untuk memasang pagar tanaman atau kandang hewan ternak.

 

Di pasaran, Anda bisa temukan begitu banyak pilihan ukuran kawat loket. Dengan begitu, Anda pun bisa tentukan jenis kawat loket yang ukurannya paling sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Sebagai contoh, kawat loket untuk kandang ayam umumnya dipilih yang lebih tebal dan kokoh dibandingkan kawat loket untuk pagar tanaman. Sementara itu, dari segi pemasangan kawat loket, pada dasarnya pemasangannya juga sama-sama mengikuti kebutuhan Anda.

 

Terlepas dari perbedaan ukuran kawat loket murah, pada dasarnya kawat loket adalah material yang cukup kuat. Pasalnya, kawat loket diproduksi dengan cara mengelas masing-masing kawat logam agar saling menempel, sehingga bisa membentuk pola kotak-kotak atau wajik yang tentunya sudah sangat familiar di mata Anda. Dengan begitu, setiap kawat tidak akan mudah patah atau lepas, yang tentu memperkuat kekokohan material ini. Berikut 4 tips pemasangan kawat loket dari kami.

TIPS PEMASANGAN KAWAT LOKET

4 tips pemasangan kawat loket

Secara garis besar ada 4 tips pemasangan kawat loket murah dari kami yang dapat dijadikan acuan dasar agar hasil pemasangan bisa maksimal dan sesuai dengan kebutuhan outdoor.

1. Pilih material kawat loket yang sesuai

Secara umum, ada 3 jenis kawat loket murah berdasarkan materialnya, yaitu jenis kawat loket PVC, jenis kawat loket galvanis, dan jenis kawat loket stainless steel. tentunya masing-masing jenis tersebut punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Hanya saja, dari segi kekokohan, jenis kawat loket galvanis dan jenis kawat loket stainless steel lebih unggul dibandingkan jenis kawat loket PVC, meskipun pada dasarnya jenis kawat loket PVC sebenarnya tetap terbuat dari metal, sementara material PVC-nya sekadar pelapisnya saja. Sementara itu, jenis kawat loket stainless steel adalah material terbaik untuk kawat loket. Hanya saja, harganya lebih mahal. salah satu tips pemasangan kawat loket dari kami, Anda bisa pilih jenis kawat loket galvanis yang kualitasnya serupa, tapi harganya lebih terjangkau.

2. Tentukan ukuran kawat loket

Dari segi ukuran, kawat loket murah punya begitu banyak varian. Nah, ukuran kawat loket ini sebenarnya mengacu pada wire spacing, atau jarak ruas antar kotaknya. Anda bisa temukan yang jaraknya 1/4 inci, 1/2 inci, 1 inci atau lebih dari 1 inci. Tentu saja, pilih ukuran kawat loket yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya. Sebagai contoh, ukuran kawat loket untuk kandang ayam biasanya punya ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran kawat loket untuk jebakan ular atau tikus.
Selain wire spacing, ketebalan ukuran kawat loket yang digunakan pun berpengaruh besar, terutama dari segi kekokohannya. Sebagai contoh, pemasangan kawat loket untuk pagar tanaman seperti anggur atau tanaman rambat lainnya biasanya punya diameter lebih kecil dibandingkan diameter ukuran kawat loket untuk kandang hewan.

3. Ukur tinggi dan panjang instalasi pemasangan yang Anda butuhkan

Jangan lupa juga untuk selalu memastikan dulu seberapa banyak kawat loket yang akan Anda butuhkan saat pemasangan. Tujuannya tentu untuk memastikan bahwa kawat loket yang Anda beli cukup, sehingga Anda tak perlu repot membeli lagi kalau ternyata kurang. Selain itu, membeli dalam jumlah cukup juga mencegah pemborosan apabila ternyata yang Anda beli terlalu banyak. Oleh karena itu, selalu tentukan apa tujuan pemasangan kawat loket yang Anda butuhkan, lalu tentukan ukurannya. Pastikan Anda ukur secara langsung dan tidak hanya sekadar mengira-ngira, ya! Kalau Anda kebingungan, Anda bisa konsultasi atau minta bantuan kepada tenaga tukang untuk membuat hitungannya. Selain wire spacing, ketebalan kawat yang digunakan pun berpengaruh besar, terutama dari segi kekokohannya. Sebagai contoh, pemasangan kawat loket untuk pagar tanaman seperti anggur atau tanaman rambat lainnya biasanya punya diameter lebih kecil dibandingkan kawat loket untuk kandang hewan.

4. Gunakan balok kayu yang kokoh

Bukan hanya kawat loketnya saja yang perlu Anda perhatikan, tapi juga material lain yang Anda butuhkan saat pemasangan kawat loket lainnya. Salah satu material pendukung lain yang sama pentingnya adalah balok kayu, yang memang sudah dikenal sebagai teknik pemasangan paling aman untuk kawat loket. Hanya saja, pilih material kayu yang memang benar-benar bagus dan kokoh, baik itu untuk pemasangan kandang ayam, pagar tanaman, dan sebagainya. Apalagi untuk pemasangan outdoor, yang berarti kayu yang Anda gunakan jelas akan terpapar panas dan hujan sehingga bisa memperpendek umur kayu karena lapuk. Tentu Anda juga tak ingin repot-repot memasang kawat loket lagi dalam waktu dekat karena Anda asal-asalan memilih material pendukung, kan?

Nah, itulah 4 tips pemasangan kawat loket sederhana tapi sebenarnya sangat penting dan wajib Anda perhatikan saat akan melakukan pemasangan kawat loket murah. Semoga informasi 4 tips pemasangan kawat loket di atas bermanfaat, ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *